SKL D.1.3
Murid mampu menggunakan tata bahasa Arab dan Inggris dengan benar dan tepat dalam berkomunikasi. (Penilaian: Tes tata bahasa).
Murid mampu menggunakan tata bahasa Arab dan Inggris dengan benar dan tepat dalam berkomunikasi. (Penilaian: Tes tata bahasa).
A. Tingkat Dasar
Huruf Hijaiyah: Pengenalan dan penulisan huruf hijaiyah, termasuk titik dan tanda baca.
Kata Benda (Ism): Jenis-jenis kata benda, bentuk jamak, dan tanda i'rab (harf).
Kata Kerja (Fi'il): Bentuk-bentuk kata kerja (masdar, mudhari', madhi'), konjugasi kata kerja (present tense, past tense).
Kata Sifat (Sifat): Jenis-jenis kata sifat dan penggunaannya.
Kalimat Sederhana: Struktur kalimat sederhana (subjek, predikat, objek).
Kata Tanya (Harf Istifham): Penggunaan kata tanya dalam kalimat.
Kata Sambung (Harf 'Aṭf): Penggunaan kata sambung untuk menghubungkan kata dan kalimat.
Preposisi (Harf Jar): Penggunaan preposisi untuk menunjukkan hubungan tempat dan waktu.
B. Tingkat Menengah
Kalimat Majemuk: Struktur kalimat majemuk dan jenis-jenisnya.
Kata Ganti (ضمير): Penggunaan kata ganti.
Waktu dalam Kalimat: Penggunaan kata kerja untuk menunjukkan waktu.
Jenis-jenis Kalimat (Inna, La, Maa): Penggunaan kalimat inna, la, dan maa.
Fi'il Amar (Perintah): Membentuk kalimat perintah.
Fi'il Nahy (Larangan): Membentuk kalimat larangan.
Syarat dan Jawan (Kalimat Syarat): Membentuk kalimat syarat dan jawabannya.
C. Tingkat Lanjut
Isim Maushul (Kata Relatif): Penggunaan kata relatif untuk menghubungkan kalimat.
Idafah (I'rab Isim): I'rab isim dan penggunaannya.
Isti'na (Penggunaan kata 'Isti'na'): Penggunaan kata isti'na.
Kalimat Istifham yang Kompleks: Penggunaan kata tanya dalam kalimat kompleks.
Penulisan Esai dan Surat Formal: Penggunaan tata bahasa yang tepat dalam penulisan formal.
A. Tingkat Dasar
Verb Tenses (Present, Past, Future): Penggunaan tenses yang benar.
Nouns and Pronouns: Jenis-jenis kata benda dan kata ganti.
Adjectives and Adverbs: Penggunaan kata sifat dan keterangan.
Prepositions: Penggunaan preposisi.
Conjunctions: Penggunaan kata sambung.
Sentence Structure (Subject-Verb-Object): Struktur kalimat dasar.
Question Forms: Cara membentuk kalimat tanya.
B. Tingkat Menengah
Modal Verbs: Penggunaan kata kerja bantu (can, could, may, might, will, would, shall, should, must).
Passive Voice: Penggunaan passive voice.
Relative Clauses: Penggunaan relative clause.
Conditional Sentences: Penggunaan kalimat syarat.
Reported Speech: Penggunaan reported speech.
Gerunds and Infinitives: Penggunaan gerund dan infinitive.
C. Tingkat Lanjut
Complex and Compound Sentences: Penggunaan kalimat majemuk dan gabungan.
Participle Clauses: Penggunaan participle clause.
Subjunctive Mood: Penggunaan subjunctive mood.
Advanced Punctuation: Penggunaan tanda baca yang lebih kompleks.
Formal and Informal Writing: Perbedaan tata bahasa dalam penulisan formal dan informal.
Penjelasan langsung: Guru menjelaskan aturan tata bahasa dan memberikan contoh.
Latihan soal: Murid mengerjakan latihan soal untuk mempraktikkan pemahaman mereka.
Diskusi kelompok: Murid berdiskusi tentang aturan tata bahasa dan saling membantu.
Permainan edukatif: Permainan yang dirancang untuk menguji dan memperkuat pemahaman tata bahasa.
Penggunaan media pembelajaran: Video, gambar, dan audio dapat digunakan untuk menjelaskan konsep tata bahasa.